Oleh Harmen Batubara
PLBN Long Nawang juga akrab dikenal sebagai Tapak Mega ini berada di pedalaman pegunungan Long Nawang, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Long Busang di Sarawak, Malaysia. PLBN berkategori PLBN darat yang dibangun di atas lahan seluas 9 hektar ini mulai dibangun pada 3 September 2020 dan ditargetkan selesai pada Desember 2022.
Pembangunan PLBN Long Nawang dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan ruang lingkup pekerjaan meliputi bangunan utama, Mess Pegawai, Masjid, Lansekap, Pos Jaga, GWT, Power House, Selasar Parkir, Serta Mekanikal Elektrikal Dan Plumbing (MEP). PLBN ini dapat diakses dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Bandara Juwata Tarakan Ke Long Ampung dari Long Ampung naik Taksi atau Travel sekitar setengah Jam. Untuk ke PLBN Long Nawang saat ini anda bisa lewat darat, atau udara. Kalau anda dari luar Kalimantan maka tujuan pertama terlebih dahulu ya ke Tarakan atau Tanjung Selor. Kalau mau terus dengan pesawat udara anda bisa mengatur destinasi anda hingga sampai Malinau atau Malah sampai Lapangan Udara Long Ampung. Dari Long Apung ke Long Nawang bisa naik travel atau taksi dengan waktu sekitar setengah Jam. Kalau lewat darat anda bisa dari Tanjung Selor ke Malinau bisa pakai Bus Damri. Dari Malinau ke Long Nawang anda sebaiknya lewat Travel atau Taksi.
Dengan adanya PLBN Long Nawang yang
dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang fungsional ini diharapkan dapat
meningkatkan kualitas kawasan perbatasan di Provinsi Kalimantan Utara sehingga
menjadi kawasan perbatasan yang berdaya saing. Menurut Gubernur Kalimantan
Utara Zainal Arifin Paliwang, pembangunan PLBN Long Nawang serta 3 PLBN lainnya
di Kalimantan Utara (PLBN Sei Pancang, PLBN Long Midang, dan PLBN Labang)
sangat penting bagi negara karena akan
dapat melayani lebih baik lagi kebutuhan warga perbatasan (Indonesia –
Malaysia) sehingga bersinergi menghadirkan kesejahteraan.
Kalimantan
Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung
dengan Tawau, Malaysia. Wilayah dengan berbagai potensi keindahan alam, alamnya
yang eksotik, serta penduduknya yang ramah. Maka tidak heran jika wilayah ini
memiliki potensi menjadi “cross border tourism’ yang tinggi dan menjanjikan. Selama ini
pemerintah telah mengembangkan strategi mendatangkan wisman melalui cross
border tourism dengan mengadakan dan
mempopulerkan Festival Cross Border. Untuk Kaltara waktu itu sudah ada Festival
Cross Border Nunukan. Yakni lewat acara seperti bazar produk-produk industri kreatif setempat,
dengan produk andalan berupa hasil olahan rumput laut, yakni amplang dan juga
dengan mendatangkan Penyanyi Top Dangdut. Kita tahu umumnya wilayah perbatasan
senang dengan lagu-lagu dangdut serta juga para artisnya.
Perbatasan Kalimantan Utara kini mempunyai
sarana Perbatasan yang dikenal dengan
nama Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang jadi sarana lalu lintas batas Orang
dan Barang serta pusat Bisnis bersama di perbatasan. Kalimantan Utara kini
mempunya PLBN Long Nawang di Kab Malinau: PLBN Long Midang & Labang Kab
Nunukan ; dan PLBN Sei Pancang Pulau Sebatik.
Travel ke perbatasan kini jadi menarik.
Hal ini sejalan dengan pengembangan “cross border tourism”, yang sudah
digalakkan pemerintah. Meski belum popular, namun menunjukkan tren kenaikan
kunjungan wisatawan setiap tahun. Pada sejumlah wilayah, pemerintah tengah
fokus mengeksplorasi pontesi wisata di perbatasan lewat beragam festival
kebudayaan. Saat ini, ada tiga jalur darat diketahui terjadi peningkatan
kedatangan turis. Di Atambua, persentase kenaikan pelancong sebanyak 56.95%
dari 19.221 menjadi 30.167 turis, di Aruk naik sebesar 118.21% dari 2.658
wisman menjadi 5.800 pelancong, dan di Nanga Badau naik sekira 65.68% dari
2.678 turis menjadi 4.437 wisman selama Januari-April 2018. Kenaikan kunjungan
turis di tiga pintu darat tersebut sinkron dengan upaya Kementerian Pariwisata
yang terus memoles potensi destinasi wisata melalui beragam festival
kebudayaan, produk kerajinan UKM dan kuliner lokal. Berbagai kegiatan touris di
perbatasan mendapat sambutan yang menyenangkan. Hal ini bisa kita lihat dari
perhatian yang diberikan Sarawak Tourism Board (STB) pada tahun 2019 lalu. STB
Minta Festival Cross border Digelar Tiap Bulan. Pada waktu itu, Pihak STB
mengharapkan kegiatan Festival Wonderful Indonesia (FWI) di border area dapat
dilaksanakan setiap bulan. Terutama, di akhir bulan. Dan bila memungkinkan,
tanggal pelaksanaannya sudah ditetapkan lebih awal, sehingga mereka bisa
membuat perencanaan lebih baik mendukung event Festival Wonderful Indonesia.
Waktu itu FWI jadi keren karena mengundang penyanyi Dangdut terkenal seperti
Cita Citata, dan membuat festival jadi sangat popular. Apalagi kalau lagi ada Perayaan
Cap Go Meh di Singkawang, dan Festival Wonderful Indonesia di
Perbatasan Aruk dan Entikong jelas lebih semarak lagi. Bisa dibayangkan
antusiame warga.
Provinsi Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Tanjung Selor. Luas wilayahnya 72.567.49 km² ; dengan jumlah penduduk 738.163 jiwa (tahun 2013). Pada saat dibentuknya, wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sebagai berikut : Kota Tarakan, populasi 239.973, ibukota Tarakan; Kabupaten Bulungan, populasi 226.322, ibukota Tanjung Selor ; Kabupaten Malinau, populasi62.460, ibukota Malinau ; Kabupaten Nunukan, populasi140.567, ibukota Nunukan ; dan Kabupaten Tana Tidung, populasi22.841, ibukota Tideng Pale
Letak
Geografis Provinsi Kalimantan Utara memiliki lokasi strategis dan menguntungkan,
karena daerahnya di lewati oleh alur pelayaran yang termasuk dalam kategori
Alur Laut Kawasan Indonesia II (ALKI II) yang sering dilewati oleh kapal kapal
yang berlayar dari perairan Indonesia ke alur pelayaran internasional meliputi
Kawasan Malaysia, Filipina, Brunei, Singapore dan negara-negara ASEAN, serta
negara-negara Asia Pasifik seperti Hongkong, China, Korea Selatan dan Jepang. Penduduk
Provinsi Kalimantan Utara terdiri dari banyak suku atau heterogen yang terdiri
dari berbagai suku. Secara garis besar penduduk Provinsi Kalimantan Utara
terdiri dari : Suku Bulungan ; Suku
Tidung ; Suku Dayak; Suku Banjar ; Suku Bugis ; Suku Jawa ; Suku Sunda, NTT, NTB, etnis Tionghoa dan
lain-lain.
Salah satu yang terkenal dari daerah ini
adalah Beras Adan Krayan. Beras Adan
dari Krayan adalah salah satu komoditi beras yang berasal dari Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.
Jenis beras ini juga mengantongi serifikat Indikasi Geografis (IG) dari
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Setiap kali panen, masyarakat
di Krayan berhasil memproduksi lebih dari 10 ton Beras Adan. Luas sawah di
Krayan mencapai 3.466 hektare. Dari
luasan sawah ini, rata-rata menghasilkan produksi sekira 14.000 ton Gabah Kering Panen (GKP).
Atau dalam bentuk beras rata-rata sekitar 8.500 ton.
Ada tiga jenis beras Adan yaitu Adan
Putih, Adan Hitam dan Adan Merah. Dalam bahasa asli Suku Dayak Lundayeh, ketiga
beras itu disebut Pade Adan Buda, Adan Hitem dan Adan Sia. Bibit padi ini
berasal dari hasil budidaya masyarakat Krayan. Keunggulan beras Adan ini
terletak pada aroma yang khas dan tekstur yang halus. Beras Adan merupakan
hasil pertanian organik masyarakat Krayan dengan memanfaatkan air pegunungan
sebagai irigasi. Selain rasanya yang lezat, beras Adan memiliki kandungan gizi
yang tinggi, punya vitamin B2, mineral ferum, psophorus hingga kalsium. Beras
Adan juga diklaim memiliki kandungan protein tinggi dengan kadar lemak yang
lebih sedikit dari beras biasa.
Dengan adanya pembangunan jalan paralel
perbatasan, punya nilai strategis bagi wilayah ini, karena di samping fungsi
pertahanan dan keamanan negara, juga sekaligus membuka dan menumbuhkan ekonomi
kawasan perbatasan. Jalan paralel perbatasan Kalimantan – Malaysia sepanjang
1.920 km. Daerah Kalbar memiliki panjang 811.32 km yang terbagi menjadi dua yakni 607.81 km berstatus
jalan NON NASIONAL dan 203.51 km JALAN NASIONAL. Jalan paralel sepanjang 811.32
km tersebut dimulai dari Temajok hingga
Batas Provinsi Kalbar/Kaltim. Untuk daerah Kaltara dari 1.920 km jalan paralel
perbatasan di Kalimantan, yang berada di Provinsi Kaltara sepanjang 824 km dan
Kaltim sepanjang 244 km. Rata-rata seluruh jalan memiliki lebar minimal 6 meter
dan ruang milik jalan (Rumija) antara 15 - 25 meter.
Dipercaya dengan terbukanya isolasi lewat
jalan darat ini, secara otomatis ia akan menimbulkan ide-ide baru dalam hal
membuka peluang ekonomi. Jalan parallel perbatasan akan membuka para penggiat
pariwisata untuk lebih mempercantik destinasi wisata di sepanjang jalan
perbatasan. Berbagai lokasi destinasi di Kalimantan sungguh menarik dan bisa
jadi destinasi yang menggoda. Destinasi wisata yang menarik di daerah
Kalimantan Utara yang menarik, antara lain : Air Terjun Krayan, Long Midang,
Krayan Kab Nunukan; Air Terjun Sianak,
bambangn, Sebatik Nunukan.; Giram Luyu, Desa Labang, Kec. Lumbis Ogong dan
Gerbang Satria, Desa Lumbis Pensiangan Kab. Nunukan; Long Bawan, Long Bawan,
Kec. Krayan, Kab. Nunukan; Pantai Kayu Angin Tanjung Karang, Sebatik, Kab.
Nunukan.; Sungai Hitam Desa Tabur Lestari, Kec. Seimenggaris, Kab. Nunukan.;
Desa Long Beluah, Kec. Tanjung Palas Barat, Kab. Bulungan.; Batu Tumpuk Panca
Agung, Kec. Tanjung Palas Utara, Kab. Bulungan.; dan Gunung Putih, Kec. Tanjung
Palas, Kab. Bulungan Dll.
Bepergian
ke Long Nawang Masa Lalu
Seperti apa sih kisah perjalanannya
kalau ke Malinau sebelum Pa Jokowi membangun Jalan Paralel perbatasan? Berikut
pengalaman salah seorang yang awam tentang daerah itu tetapi dia harus ke
Sebuku karena tugas[1].
Kalau saya pribadi[2]
pernah bertugas di Malinau itu sekitar tahun 1985 an, meski waktu itu masih
hutan belantara tapi saya punya dua Helikopter jenis Allouwet. Jadi kemana-mana
mudah, tidak perlu mendarat kalau perlu kami bisa turun dengan refeling pakai
tali. Kita lanjutkan ceritanya. Dia dan rombongan PJTU-UT berangkat malam hari
dari bandara Soekarnao Hatta Jakarta ke
Bandara Juwata di Tarakan kalimantan utara. Tanpa Transit. Mereka
menggunakan maskapai garuda dengan pesawat bombardier CRJ-1000. Lama perjalanan
dari soekarno hatta ke juwata tarakan sekitar 3 jam, lama dan membosankan
apalagi pesawatnya tidak dilengkapi fasilitas TVatau infotaiment dan lumayan
bete berjam-jam di pesawat. Mereka menginap semalam di kota tarakan untuk
selanjutnya besok pergi menuju lokasi UAS. Kota tarakan lumayan besar dan cukup
ramai, mungkin kalo kita menganggap banyak hutan belantara anda salah.
Hotel-hotel besar pun banyak disini misal swiss-bell hotel.
Keberangkatan mereka ke sebuku diluar
rencana, karena rencananya saya naik speedboad ternyata speedboad sudah penuh
karena di booking oleh pemda, dan apesnya perjalanan ke sebuku dari tarakan
hanya ada satu kali saja dalam sehari. Ah apes.. Tapi bagaimana pun hari itu
saya harus berangkat karena membawa naskah UAS untuk besok harinya. Solusinya
adalah naik pesawat, akhirnya saya pesan tiket pesawat untuk tujuan
tarakan-malinau, btw kok ke malinau sih…
yup karena tidak ada penerbangan ke sebuku, jangan kan penerbangan
bandaranya saja tidak ada, wow… saya jadi curiga nih lokasi nanti seperti apa..
jangan-jangan seperti dugaan saya masih hutan..
Lanjut ke malinau…..sebuku
Pesawat ke malinau yang digunakan
berjenis ATR dengan maskapai.. ehmm apa ya dia lupa namanya, cobain aja deh.
Diatas dia menyaksikan pulau kalimantan, wow.. ternyata di kelilingi oleh
sungai yang sangat lebar, mungkin 3 kali lebar sungai Cisadane. Saya sampai
malinau sudah masuk waktu magrib karena dari tarakannya sendiri jam 5 sore.
Sampai malinau saya meneruskan lewat darat dengan menyewa kendaraan jenis
Apanza. Ongkos sewanya 800 rb, mahal ya… Malinau sebuku sendiri ditempuh
sekitar 3 jam. Lama buanget…..
Perjalanan darat dari malinau-sebuku
medannya cukup menantang, jangan coba-coba pake mobil sedan deh… Supir yang
menemani saya ke sebuku bukan asli kalimantan tapi asli bugis yang sudah lama
tinggal di kalimantan. Sepanjang perjalanan malinau kondisi jalan masih aman
dan cukup penerangan karena kami melakukan perjalan malam. kami sempat
istirahat di masjid untuk sholat maghrib. Masjid tempat kami sholat masih
terbuat dari kayu dan lokasinya agak di dalem perkampungan yang jarang warga
wih.. serem gelap banget dan sialnya banyak banget anjing. Selesai sholat kami lanjut perjalanan ke
sebuku dan benar saja sepanjang perjalanan jarang nemu rumah, lebih banyak
hutan belantara dan kebun sawit. hikhiks…
Daerah sana memang terkenal dengan kebun
sawitnya, karena kendaraan yang kami temui dijalan kebanyakan truk pengangkut
sawit. Sepanjang perjalanan hanya cahaya lampu mobil yang kami naiki yang kami
lihat, kiri kanan hanya hutan kalo ada apa” sama kendaraan kami bakal runyam
urusan. Saya pun gak bisa tidur, gimana mau tidur jalanan naik turun bukit
ditambah banyak lobang juga. Ya sudah banyak berzikir dan doa aja.
Akhirnya yang dituju sampai juga, kami
sampai di sebuku dan disana tidak ada hotel berbintang ya, cuma ada penginapan
sederhana aja. yang penting ada kasur dan kamar mandi. Penginapan kami yang
punya orang jawa beliau juga kepala desa disana. Nama hotelnya Dwi Putri Aulia,
mungkin ini hotel terbaik disana.
Untuk melihat kondisi daerah Kaltara
setelah satu tahun kemudian bisa kita lihat penuturan para peserta Rombongan
Touring Pilkada 2020[3],
dengan route dari Nunukan-Malinau. Tepatnya hari Rabu 5 Agustus 2020 dari Hotel
Tulin Onsoi, Nunukan, rombongan KPU Kaltara akan bergerak ke Malinau.
Hampir Pukul 09.00 Wita, iring-iringan
kendaraan roda empat kembali bergerak meninggalkan penginapan. Sekitar 30 menit
perjalanan, laju kendaraan melambat. Tampak kendaraan alat berat sedang
melakukan pekerjaan jalan. Sejumlah pekerja tengah berjibaku dengan tanah menggunakan
alatnya. Aktivitas galian tanah itu menunjukkan adanya peningkatan pembangunan
akses di kabupaten perbatasan tersebut.
Infrastruktur jalan menuju titik
perbatasan di Nunukan sebagian besar adalah tanggung jawab pemerintah pusat.
Kucuran APBN cukup banyak untuk membiayai pekerjaan jalan ke wilayah itu.
Alhasil, perjalanan melalui jalur darat antara Nunukan-Malinau jauh lebih baik.
Khususnya akses darat sampai ke Sei Menggaris hingga Sungai Ular. Perjalanan
tim sosialisasi dari KPU Kaltara yang berangkat dari Nunukan ke Malinau pun
lancar. Bahkan, jalan mulus membuat kendaraan rombongan melejit kencang sampai
di kabupaten yang berada di antara Nunukan dan Tana Tidung itu.“Perjalanan
sekitar dua jam atau paling lama dua jam setengah,” kata Hariyadi. Benar saja,
sekitar Pukul 11.30 Wita, rombongan sudah tiba di salah satu hotel yang berada
di Ibukota Malinau. Padahal, rombongan sempat singgah beberapa menit untuk
mengabadikan momen di pertengahan jalan.
Kini perjalanan ke Malinau atau ke
Nunukan sudah jauh berubah, jalannya sudah bagus dan enak untuk melakukan
perjalanan, terlebih lagi kalau memakai kenderaan pribadi atau sewaan. Kalau
mau naik Bus juga sudah ada Bus Damri[4].
Alternatif perjalanan jalur darat dengan Bus Damri umumnya menjadi pilihan bagi
pelaku perjalanan dari Kabupaten Malinau, khususnya mendekati libur akhir
pekan.
Juga perayaan hari-hari keagamaan
seperti hari raya umat Hindu, yakni Hari Raya Nyepi.
Sesuai informasi dari UPTD Terminal
Malinau Kota, Bus Damri Malinau melayani dua rute keberangkatan. Selain menuju
Tanjung Selor, Bus Damri juga melayani rute dari Malinau menuju Salang,
Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Bagi masyarakat
Malinau yang akan bepergian menuju dua rute tersebut dapat langsung membeli tiket
di loket pelayanan Damri di UPTD Terminal Malinau Kota. Harga tiket bus Damri
adalah sebagai berikut:
- Trayek Malinau-Tanjung Selor, Rp 150
ribu
- Trayek Malinau-Salang, Rp 50 ribu
Tujuan Malinau-Salang juga melayani rute
keberangkatan setiap hari, pukul 14:00 Wita, dan tujuan Salang-Malinau pukul
07:00 Wita. Pembelian tiket bus Damri Malinau dapat langsung diperoleh di UPTD
Terminal, Jalan Terminal Baru, Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota,
Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara.
[1] http://daryusman.staff.ut.ac.id/2019/10/07/perjalanan-ke-sebuku-kalimantan-utara/
[2]
Masa itu Tim saya lagi memetakan wilayah Malianu hingga Nunukan dari Pemetaan
TNI-AD, kami punya posko di Malinau-Nunukan dan Long Nawang.
[3] https://korankaltara.com/peningkatan-akses-ke-perbatasan-hingga-jalan-mulus-ke-malinau/
[4] https://kaltim.tribunnews.com/2021/03/13/jadwal-keberangkatan-bus-damri-malinau-terbaru-2021-simak-rute-tujuan-tarif-dan-waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar