Minggu, 23 Mei 2010

Pulau Sengketa antara India dan Bangladesh Hilang


Oleh  Prita Daneswari

Selama hampir 30 tahun terakhir, India dan Bangladesh memperebutkan hak atas kepemilikan sebuah pulau mungil berbatu di Teluk Bengal. Tetapi kini pulau yang dipersengketakan tersebut hilang akibat kenaikan permukaan air laut.

"Pulau New Moore di wilayah Sunderbands telah tenggelam seluruhnya," kata ahli kelautan Sugata Hazra yang juga seorang profesor di Universitas Jadavpur, Calcutta, India, Kamis (25/3).

Hilangnya pulau itu juga dibenarkan dengan laporan satelit dan petugas patroli laut. "Sengketa antara kedua negara selama bertahun-tahun malah diselesaikan dengan pemanasan global," kata Hazra.

Para ilmuwan di Jurusan Kelautan Universitas Jadavpur sebelumnya memang telah mewaspadai adanya kenaikan permukaan air laut di Teluk Bengal selama puluhan tahun belakangan. Hingga tahun 2000, permukaan air laut naik hingga 3 milimeter setiap tahunnya, tapi beberapa tahun sebelumnya air naik hingga sekitar 5 milimeter setiap tahun, tambah Hazra.

Bangladesh terletak di sebuah dataran rendah dengan 150 juta penduduk. Bangladesh juga merupakan negara yang terkena dampak yang cukup parah akibat pemanasan global. Pemerintah setempat memperkirakan 18% daerah pesisir di negara itu akan dievakuasi bila air laut naik hingga 1 meter pada 2025.

India dan Bangladesh masing-masing mengklaim pulau tak berpenghuni New Moore sebagai milik mereka. Pulau itu memiliki panjang 3,5 kilometer dan lebar 3 kilometer. Bangladesh mengakui pulau tersebut merupakan bagian dari kepulauan di Talpatti selatan. (Sumber MI: Pri/AP/Yahoo/OL-7/25/3/2010) 

Tidak ada komentar: