Selasa, 09 Maret 2010

Manfaatkan Blog Untuk Beriklan

Oleh ; Harmen Batubara

Bisnis adalah bagian dari peradaban itu sendiri, sehingga dia akan berkembang sesuai dengan perkembangan teknolgi yang membesarkan peradaban tersebut. Karena itu Bisnis dan teknologi selalu berjalan beriringan. Dulu waktu internet pertama kali muncul, kegiatan bisnis di populerkan oleh bisnis e-commerce .

Situs web menjadi sarana memperkenalkan produk dan berpromosi. Sekarang saat blogging lagi heboh-hebohnya, blog pun jadi bagian yang tak tertinggalkan, menjadi sarana baru dalam berbisnis. Jadi menurut Pak Joko dari Formula Bisnis, phenomena seperti itu adalah sesuatu hal yang wajar. Karena bila digambarkan bisnis itu sendiri punya sifat ulet, pantang berhenti, dan adaptif. Artinya, setiap terjadi perubahan, otomatis bisnis ikut menyesuaikan diri.

Nah disinilah kaitannya . Mulanya blog lahir untuk sarana ekspresi diri alias bersifat personal. Pengunjung datang karena ingin tahu tentang sang pemiliknya. Kemudian menjajagi apa kira-kita yang biasa dibicarakan bersama si empunya Blog. Watak asli blogging ini penting dipahami bagi anda yang mau berbisnis lewat blog. Tak bisa anda serta merta melakukan hard selling lewat blog.

Jadi harus ada sesuatu yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Seperti pak Joko, maka yang terbaik adalah kalau blog difungsikan untuk soft selling. Bukan dengan terang-terangan berpromosi. Tapi cukup berjualan secara diam-diam. Buat mereka ketagihan dengan content blog anda. Dan ketika mereka suka, maka akan lebih mudah bagi anda menjual (apapun). Namun demikian, dan ini sudah menjadi rahasia umum, banyak blog yang juga diisi oleh berbagai gerai bisnis. Suka atau tidak suka, phenomena itu sudah muncul dan jelas terlihat.

Karena itu apa yang pak Joko sarankan, rasanya memang benar ada baiknya caranya harus yang lebih elegan. Lain halnya kalau anda anda langsung membombardir dengan promosi langsung. Seketika pengunjung langsung kabur dari blog anda. Tetapi tidak jarang juga, para pengunjung dapat juga memahami. Artinya suatu blog bisa saja memuat berbagai iklan, hanya saja sebaiknya, memang buatlah tatanannya, agar terlihat lebih menarik. Sukur kalau bisa secara halus melakukan soft selling di blog. Untuk hard selling terapkan di situs web/mini site saja.

Mempostinglah secara rutin sesuai jadwal. Sukur kalau postingnya menarik dan informasinya bermanfaat. Blog disukai karena sering di-update. Kalau jarang, apa bedanya dengan situs web?
Biasanya yang jadi kendala adalah Tulisan. Kalau mau caranya banyak, anda bisa berlangganan atau membeli copyright di situs EPL Article. Bayangkan anda bisa Punya lebih dari 150.000. tulisan, yang dengan sesuka anda bisa mengganti nama penulisnya dengan nama anda, atau kalau anda tidak tega ya mengeditnya sesuai ide anda. Yang penting sudah ada pola dan idenya, anda tinggal menyesuaikannya saja. Memang tulisan itu dalam bahasa Inggris, tapi kan dapat dengan mudah ditransfer ke bahasa Indonesia. Intinya adalah, banyak jalan ke Roma, dan menulis bisa anda lakukan selama anda ada kemauan.

Mungkin alasannya anda kesulitan mencari ide posting. Kalau itu yang terjadi mungkin coba lihat dulu Film “Dancing with the Wolf”, barangkali anda akan terinpirasi, dan membuat ide bagi anda untuk menulis. Banyak cara untuk dapat memberikan ide. Tulis yang anda tahu dan sukai. Ini akan membuat anda lebih enjoy, dan dengan sendirinya juga akan menyenangi blogging. Kata Pak Joko, cobalah simak misalnya posting-posting Mbak Lintang Fajar. Postingannya selalu khas bercerita gaya Mbak Lintang. Sekalipun semata karena suka menulis, tanpa niat menjual, tapi saya yakin tulisannya sungguh menjual. Tak menutup kemungkinan nantinya benar-benar akan dibukukan.

Tidak ada komentar: